JENIS LAPORAN KEUANGAN



1. Laporan Keuangan – Laba Rugi / Income Statement

Laporan keuangan Laba-Rugi adalah laporan yang isinya adalah data pendapatan dan pengeluaran perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Dikatakan bahwa perusahaan memperoleh laba yaitu jika pendapatan atau penghasilan perusahaan lebih tinggi dibandingkan dengan total pengeluaran, jika sebaliknya maka perusahaan dinyatakan mengalami kerugian.

Ada dua bentuk saat menulis laporan pendapatan yaitu, satu langkah (metode langsung) dan beberapa langkah (langkah demi langkah). Dalam sistem satu langkah, semua pendapatan ditambahkan dari awal hingga akhir dalam kelompok tertentu dan kemudian dikurangi dari biaya atau pengeluaran perusahaan dalam periode waktu tertentu yang sama dengan periode pendapatan. Sementara kelompok pendapatan multi-langkah dibagi menjadi dua bagian, yaitu, pendapatan operasional dan pendapatan non-operasional. Penghasilan atau pendapatan operasional adalah penghasilan yang berasal dari kegiatan utama perusahaan, sedangkan pendapatan non-operasional adalah penghasilan yang berasal dari luar kegiatan utama / bisnis perusahaan.

2. Laporan Keuangan – Laba Rugi 12 Bulan / Annual Income Statement

Laporan ini sebenarnya sama dengan laporan laba rugi ada poin nomor 2, hanya saja dalam laporan ini berisi data transaksi dalam setahun atau 12 bulan.

3. Laporan Keuangan - Neraca

Laporan neraca adalah Bagian dari laporan keuangan yang mencatat informasi tentang aset, kewajiban pembayaran dalam bagian yang terkait dengan operasi perusahaan. Unsur-unsur neraca umumnya terdiri dari aset (aktiva lancar, aset jangka panjang, aset tetap dan tidak berwujud), kewajiban (kewajiban jangka pendek dan panjang) dan modal.

4. Laporan keuangan - Arus kas

Laporan arus kas berisi tentang laporan keuangan yang menyajikan informasi tentang koleksi dan pencairan suatu perusahaan selama suatu periode.

8. Laporan keuangan: General Ledger

Laporan buku besar umum/General Ledger adalah laporan yang berisi catatan semua transaksi yang berasal dari terbitan berkala dalam periode tertentu yang kemudian disajikan dalam masing-masing akun transaksi.

9. Laporan jurnal

Laporan keuangan jurnal adalah laporan yang berisi informasi tentang kegiatan transaksi keuangan yang dicatat secara rinci dalam urutan kronologis dan dikelompokkan sesuai dengan standra pencatatan akuntansi.