PENDAFTARAN IZIN USAHA MELALUI ONLINE SINGLE SUBMISSION



Begini loh Cara Mengurus Izin Usaha Melalui Online Single Submission Saat ini pemerintah telah memberlakukan sistem pendaftaran izin usaha dengan pengarsipan online yang disingkat dengan OSS. Melalui sistem ini diharapkan agar pengurusan izin usaha di Indonesia menjadi lebih cepat dan mudah. Sebelumnya proses pengurusan perizinan usaha di Indonesia diakui cukup rumit dan membutuhkan waktu pemrosesan yang lama, sehingga ada banyak keluhan yang muncul berkaitan dengan hal tersebut. Menteri Koordinator Perekonomian yang dijabat oleh Darmin Nasution berjanji bahwa melalui OSS, mengurus izin komersial tidak lebih dari satu jam. "Platform ini harus beroperasi sedemikian rupa sehingga perizinan harus direformasi secara besar-besaran. Sampai tinggal yang benar-benar perlu saja,"

Cara mengakses OSS cukup mudah. Pelaku usaha yang berniat mengajukan permohonan izin cukup membawa akta notaris ke Layanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) atau kementerian / lembaga terkait yang telah memiliki PTSP. Selanjutnya pemohon akan dipandu oleh petugas PTSP untuk melengkapi rincian dari elemen akta notaris dan kolom administratif. Menko Perekonomian menjelaskan lebih lanjut bahwa pengisian data dalam proses OSS ini tidak rumit, di antaranya mencakup nama perusahaan, investasi lapangan apa, kegiatan apa, di mana, dan berapa besar investasinya.

Setelah memasukkan data, sistem akan mengkonfirmasi data tersebut. Sistem ini terhubung ke database Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Publik untuk persetujuan badan usaha. Jika Anda seorang individu atau perseorangan, sistem akan diintegrasikan dengan NIK dan akan mengkonfirmasi identitas pemohon dan Nomor Pokok Wajib Pajak. Juga akan muncul Nomor Induk Berusaha, BPJS, izin lokasi, fasilitas fiskal dan RPTKA yang sudah tersedia dalam data cloud sehingga mereka tidak perlu dimasukkan kembali. "Dari elemen data yang dimasukkan, termasuk berapa lama fasilitas pajak diperoleh, sistem akan mengatakan: 'Sebagai contoh, Anda bisa mendapatkan tax holiday 10 tahun,'" kata Darmin.

Dalam hal keterkaitan dengan masalah pajak, pihak Kementerian Keuangan akan mengeluarkan surat konfirmasi bahwa pemohon menerima tax holiday. Surat konfirmasi berada di tangan otoritas pajak. Setelah tahap pendaftaran selesai, sistem akan meminta komitmen dari para investor. Komitmen tersebut termasuk izin lingkungan UKL-UPL yang harus diselesaikan dalam waktu 12 hari, kepatuhan dengan standar IMB dalam 30 hari dan kepatuhan dengan standar sertifikat kelayakan harus dipenuhi dalam waktu 3 hari. Jika ada izin yang belum dipenuhi, itu bisa ditindaklanjuti secara offline. Setelah semua komitmen dipenuhi, otomatis akan keluar Surat Izin Usaha Perdagangan dan Izin Usaha Sektoral. Setelah mendapatkan izin, komitmen berikutnya yang harus dipenuhi adalah SNI wajib dan SNI sukarela yang harus dipenuhi dalam jangka waktu 14 hari.

Setelah itu, jika investasi dilakukan di sektor farmasi dan kesehatan maka dibutuhkan cara yang baik untuk membuat obat-obatan (CPOB) dan praktik manufaktur yang baik untuk pengobatan tradisional (CPOTB) yang diberikan selama 35 hari dan metode peralatan manufaktur untuk kesehatan yang baik (CPAKB) dengan jangka waktu lima hari. Jika semua komitmen di atas terpenuhi, izin komersial atau operasional akan dikeluarkan dalam bentuk izin pemasaran dan sertifikasi.